Tipe-Tipe Pembeli Komik di Indonesia

No comment 24 views
Hai,berjumpa lagi.Kali ini akan membahas tentang tipe-tipe pembeli komik di Indonesia.Komik sudah beredar luas di Indonesia dari dulu hingga sekarang,bahkan judul-judul komik pun bertambah banyak.Komik umumnya dijual di Gramedia atau supermarket ,walaupun di supermarket jumlah komik yang dijual sedikit dan tidak bervariasi.
Dari tahun ke tahun,nampaknya pembeli komik orisinil walaupun terjemahan sudah berkurang dan beralih ke dalam bentuk online.Untuk lebih lengkapnya,cek dibawah.Langsung saja.
1.Maniak
Ini adalah tipe pembeli komik dimana sejak dulu ia tetap berlangganan komik dan menolak untuk membaca komik bajakan secara online.Ia suka membaca komik dan diperkirakan ia sudah membaca ratusan judul komik yang berbeda.Ia menolak menabung dan jajan hanya untuk membeli komik.
2.Setia
Setia yang dimaksud hanyalah selalu membeli satu judul komik yang sama tiap minggunya.Biasanya tipe ini adalah cabang dari tipe Maniak yang sudah memiliki niat untuk menabung atau memang karena ia sudah tidak memiliki banyak waktu untuk membaca komik.
3.Anti
Ini merupakan tipe kampret yang tidak pernah membeli komik aslinya dan selalu membaca secara online atau bajakan.Tipe ini juga biasanya jarang membaca buku terutama buku pelajaran sehingga ia merasa lebih enak membaca di layar monitor daripada dari buku.
Tipe Anti berbeda cerita apabila ia memang tidak memiliki uang sendiri dan masih seorang pelajar yang minta uang 5000 saja masih kena gampar nyokap.Ia memang terpaksa membaca komik bajakan sebagai sarana hiburannya tetapi biasanya juga tipe yang memiliki kasus ini bercita-cita dapat membeli komik orisinil secara mandiri.

4.Weekly Shonen Only
Seperti namanya,ia selalu membeli buku komik Weekly Shonen yang rilis tiap minggu.Perbedaan Weekly Shonen dengan komik bervolume adalah ia mencakup banyak komik tetapi hanya memasukkan satu chapter per judul dalam Weekly Shonen.Komik chapter seperti ini lebih sering dibajak walaupun hanya satu chapter.
5.Jarang


Ini juga cabang dari tipe Maniak.Ia sangat menyukai komik dan selalu membeli komik orisinil.Yang membedakan antara tipe Jarang dengan Maniak adalah jangka waktu dalam membeli sebuah komik.Tipe Jarang biasanya memiliki kesibukannya sendiri atau memang tidak mempunyai uang.
6.Kolektor


Berbeda dengan orang yang suka mengoleksi perangko dan tutup botol,tipe Kolektor ini memilih untuk mengoleksi komik orisinil yang dibelinya.Komik yang dimilikinya pun bervariasi dari komik bervolume ataupun Weekly Shounen.Ia dengan bangga menunjukkan hasil koleksinya walaupun hanya komik yang hanya dibaca sekali saja.Apabila ia memiliki banyak komik,ia juga memilih untuk membuka perpustakaan komik sebagai sarana penghasilan.
7.Rental
Ini adalah lawan dari tipe Kolektor.Tipe Rental adalah tipe yang tidak pernah/jarang membeli komik dan lebih memilih untuk menyewa komik di perpustakaan komik.Tipe Rental juga merupakan cabang dari tipe Maniak dan Anti.Tipe ini umumnya menyadari kalau membeli komik sangatlah sia-sia karena hanya dibaca sekali dan lebih memilih untuk menyewa.
Inilah beberapa tipe-tipe pembeli komik di Indonesia.Semua orang memiliki caranya sendiri dalam membeli komik.Dan dianjurkan pula untuk mendukung sang pembuat komik dengan cara membeli komik orisinil agar komik tersebut tidak diberhentikan pembuatannya.
Hanya ini saja yang dapat Junk sampaikan.Apabila ada kesalahan mohon diperbaiki dan apabila ada kekurangan mohon ditambahkan.
Sumber : Pengamatan Junk dan gambar dari Google
No Response

Leave a reply "Tipe-Tipe Pembeli Komik di Indonesia"