Pengalaman Membuat AMV Pertama

No comment 39 views

Hai,berjumpa lagi dengan Junk.Akhirnya Junk telah selesai menyiapkan video AMV pertama dan merupakan video YouTube (sepertinya) pertama yang Junk upload.Kali ini Junk tidak membuat artikel sampah,melainkan pengalaman Junk dalam membuat AMV pertama dari awal hingga akhir.

AMV adalah kumpulan adegan anime yang disisipkan dengan sebuah lagu sehingga membuat adegan tersebut terasa “wah”.Nah,pada awalnya Junk hanya iseng-iseng menonton AMV-AMV yang ada di YouTube.Tetapi Junk melihat kalau AMV selera Junk tidak ada di YouTube.

Maka dari itu,daripada menikmati lebih baik membuat sendiri.Awalnya Junk tidak tahu-menahu dengan cara membuat AMV tetapi Junk sudah bisa mengedit video secara sederhana.Nah dengan ilmu yang pas-pasan dan software sederhana namun gratis,yaitu Windows Movie Maker,maka Junk memulai membuat AMV pertama Junk.

Karena Junk tidak terlalu aktif dengan perkembangan musik di Indonesia,maka sebagai antek-antek Nippon Tjahaja Asia yang handal dan budiman,Junk menggunakan lagu Jepang bajakan yang berjudul Just Fly Away yang dibawakan oleh EDGE of LIFE.Yap,itu adalah lagu pembuka Gundam Build Fighters Try yang kedua.

Untuk temanya karena Junk suka anime Nisekoi,maka secara otomatis anime Nisekoi menjadi tema untuk AMV pertama ini.Selain itu secara tidak sengaja,ternyata Nisekoi dan opening Gundam Try sangatlah sinkron.

Nah,yang bikin repot dalam pembuatan AMV ini hanya satu,yaitu pemotongan adegan.Disini Junk harus teliti memilah-milah adegan yang cocok untuk nada lagu dan memilih adegan yang cocok untuk “dilihat untuk segala usia”.

Untuk pemotongan adegan Junk menggunakan Format Factory bajakan dan merubah format adegan menjadi AVI dan men-disable audio.Sebenarnya sih tidak rumit,tetapi karena pemotongan video dengan Format Factory tidak menyediakan pemotongan secara detil (milisekon),maka terkadang ada adegan yang tidak diperlukan tidak terpotong.

Setelah itu hal yang menjengelkan terjadi,subtitle malah muncul.Subtitle pada AMV menurut Junk merupakan hal yang memperburuk AMW,tetapi kalau Junk memotong bagian footer adegan tersebut malah menjadi lebih buruk.

Kemudian masuk ke tahap yang ditunggu-tunggu,yaitu penyinkronan adegan video dan musik.Walaupun tidak terlalu merepotkan dibandingkan pemotongan adegan,tetapi penyinkronan harus dilakukan secara sabar dan teliti.

Junk menggunakan headset dan mengatur adegan sesuai dengan nada lagu yang pas.Setelah asyik-asyik bahkan setelah menggumam kalau Junk itu terlalu cerdas yang hanya lahir seribu tahun sekali,masalah lain terjadi.Adegan video agak pendek dibandingkan nada lagu yang ingin disinkronkan.

Disini Junk menggunakan animasi yang merupakan salah satu fitur dari Windows Movie Maker.Walaupun hanya mengulur waktu satu detik,untuk beberapa adegan itu sudah cukup.Tetapi apabila dengan animasi tidak menyinkronkan video dengan musik,terpaksa Junk memotong video itu lagi,ya,memotong dari awal.

Awal rencana,Junk membuat AMV Nisekoi dengan adegan karakter heroine secara merata.Tetapi karena terlalu tanggung,jadi Junk terpaksa membuat untuk #TeamChitoge dan #TeamOnodera,tolong jangan hajar Junk.Untuk adegan Chitoge pula terlalu singkat,yaitu hanya satu menit,berbeda dengan adegan Onodera yang memonopoli lagu yang dapat menghabiskan dua menit padahal lagunya berdurasi tiga menit.Untuk iklannya si,palingan empat detik.

Untuk pemberian efek pula hanya memberikan efek hitam-putih pada beberapa adegan yang paling “dalem”.Animasi yang mendukung seperti hati dan lubang kunci membuat AMV Nisekoi ini sangat sempurna.Lebih sempurna lagi dengan adanya iklan promosi blog,hehe.

Setelah pembuatan AMV sederhana yang memakan waktu hingga 4-6 jam,akhirnya AMV tersebut sudah Junk upload ke YouTube dan semoga tidak diblokir karena masalah hak cipta.Untuk AMV dapat ditonton di bawah atau di YouTube.

Bagaimana menurut kalian dengan AMV pertama Junk? Komentar kalian akan sangat diperlukan untuk waktu yang akan mendatang dan Junk juga akan menjadi AMV Maker yang terkenal,hehe.Tetapi aktifitas nge-blog tetap lanjut kok.Jadi kalian juga dapat membaca artikel sampah lainnya.

Hanya ini saja yang dapat Junk sampaikan.Sekian dari Junk.Mohon share dan kunjungi lagi blog ini.

No Response

Leave a reply "Pengalaman Membuat AMV Pertama"