Mana Lebih Seru? Menonton Anime atau Membaca Manga?

  Hai,berjumpa lagi dengan Junk.Banyak orang yang berdebat kalau menonton anime lebih seru daripada membaca manga dan begitu pula sebaliknya.Anime dan manga memiliki grafik dan art yang sangat jauh berbeda,padahal anime dan manga itu memiliki judul yang sama.

  Dibawah akan Junk bahas,mana lebih seru? menonton anime atau membaca manga? Langsung saja.

Kelebihan Anime :

1.Anime Memiliki Grafik dan Art yang Lebih Menarik daripada Manga

  Anime memiliki grafik dan art yang jauh lebih menarik daripada manga.Karakter dalam anime digambarkan secara mendetil dan penggambaran dengan warna yang membuat cerita anime lebih “tampak”.

2.Anime Memiliki Adegan yang Lebih Terasa

  Dalam anime dan manga ber-genre action,anime lebih menggambarkan seluruh adegan pertarungan secara nyata dan jelas.Berbeda dengan manga yang hanya memberikan satu panel gambar untuk satu adegan menyerang dan bertahan.

3.Karakter Anime Memiliki Suara
  
  Karakter anime selalu diisikan suara oleh staff (Character Voice) dari industri anime tersebut.Inilah yang membuat karakter anime dibuat lebih nyata dengan adanya suara dari karakter tersebut.

4.Musik Latar Belakang yang Membuat Adegan Menjadi “Terang”

  Anime juga memiliki musik latar belakang untuk mendukung adegan dari anime tersebut.Seperti musik latar belakang yang bernada slow berarti adegan tersebut menunjukkan bahwa karakter tersebut sedang bersedih,ataupun musik latar belakang yang bernada rock berarti menunjukkan adegan dalam tahap klimaks.

5.Episode Filler yang Seru



  Anime memiliki episode filler.Episode filler adalah episode yang tidak ada di dalam manga-nya dan dibuat untuk hiburan tambahan dan untuk mengulur waktu agar mangaka dapat menyelesaikan chapter manga-nya ataupun untuk beristirahat.

  Episode filler terdapat pada anime yang diadaptasikan dari manga.Episode filler memang tidak melanjutkan jalan cerita dari episode sebelumnya.Walaupun begitu,episode filler tetap seru untuk ditonton.

Kelebihan Manga :

1.Grafik dan Art yang Lebih “Dark”



  Berbeda dengan anime yang menggambarkan adegan dan karakter secara menarik.Manga juga mempunyai grafik dan art yang bagus dan lebih ke arah “dark”.

  Biasanya dalam manga action yang mengadaptasikan manga-nya kedalam bentuk anime akan menggambarkan grafik dan art lebih “cerah” dan menarik.Ini dilakukan sebagai sarana sensor dan untuk melindungi anak-anak dibawah umur yang menonton anime tersebut.

2.Manga Lebih Orisinil

  Manga yang mengadaptasikan judulnya kedalam bentuk anime akan terlihat lebih orisinil karena manga digambarkan langsung oleh sang mangaka.Inilah yang membuat manga terlihat lebih orisinil daripada anime-nya.

3.Manga Rilis Lebih Cepat

  Proses pembuatan manga lebih cepat daripada anime,walaupun sama-sama rilis seminggu sekali.Anime yang diadaptasikan dari manga juga rilis lebih lama daripada manga-nya,dikarenakan manga yang dikerjakan terlebih dahulu daripada anime-nya.

  Biasanya orang yang menonton anime yang diadaptasikan dari manga biasanya akan membaca anime tersebut.Dikarenakan orang tersebut tidak sabar akan kelanjutan cerita dan tidak tahan spoiler.

4.Manga Memiliki Cerita yang Lebih Banyak di Setiap Chapter-nya

  Manga yang dibukukan per volume-nya memiliki cerita yang lebih banyak daripada adaptasinya pada anime.Setiap volumenya,manga tersebut akan menceritakan lebih dari satu episode anime,bahkan dua ataupun tiga.Inilah yang membuat audience lebih suka membaca manga karena cerita yang lebih banyak.

  Manga JUMP biasanya hanya meletakkan satu chapter dan bahkan hanya setengah dari anime adaptasiannya.Tapi manga JUMP rilis setiap minggunya.

5.Beberapa Manga Memiliki Cerita yang Berbeda daripada Adaptasi Anime-nya



  Yu-Gi-Oh! GX adalah contoh dari manga yang memiliki cerita yang sangat-sangat jauh berbeda daripada anime-nya.Monster kesukaan Judai dari animenya adalah Elemental Hero Flame Wingman,sedangkan dari manga-nya adalah Elemental Hero Terra.

  Banyak orang yang membaca manga karena cerita yang bervariasi.

  Inilah beberapa keuntungan yang didapatkan dari anime dan manga.Mana lebih seru? Menonton anime atau membaca manga? Itu semua tergantung masing-masing dari diri kita.Kesukaan seseorang tidak dapat dipaksakan dari orang lain.

  Hanya ini saja yang dapat Junk sampaikan.Apabila ada kekurangan mohon ditambahkan dan apabila ada kesalahan mohon diperbaiki.
  Sekian dari Junk.Mohon share dan kunjungi lagi blog ini.
  Sumber : Pemikiran Junk dan gambar dari Google

Tags:
No Response

Leave a reply "Mana Lebih Seru? Menonton Anime atau Membaca Manga?"