Kotatsu/Meja penghangat asal Jepang

No comment 16 views

Apa yang mereka sedang lakukan? kenapa mereka tidur dibawah meja?bukannya jika begitu mereka bisa masuk angin?
Kalau menggunakan meja lain mungkin akan masuk angin, tetapi berbeda dengan meja ini.
Apa bedanya?
Meja ini adalah kotatsu, kotatsu adalah sebuah meja penghangat yang biasa orang orang Jepang gunakan pada saat musim dingin. Jika saat musim dingin datang, kita bisa menghangatkan diri dibawah meja tersebut.  Biasanya kotatsu dilengkapi dengan kain tebal ataupun sebuah selimut.
(A:” SeNo udah pernah nyobain pake kotatsu belum?”)
Belum xD
lagian disini ga perlu meja itu udah hangat kok (lebih tepatnya panas) xD

Lanjut lagi..
Jadi yang membuat kotatsu ini bisa menghangatkan tubuh kita adalah…
Ada sebuah heater/pemanas yang terpasang dibawah meja. Pada jaman dahulu sebelum abad 20 an, selain menggunakan heater, masyarakat Jepang juga membuat sebuah lubang yang ditutupi oleh tatami, dan lubang tersebut diisi dengan arang yang dimaksudkan akan menghangatkan kita dari bawah. Ide ini muncul dari kebiasaan masyarakat Jepang pada jaman dahulu yang memiliki irori/tungku masak yang dibawahnya menggunakan arang dan tempat tersebut juga biasa digunakan untuk ruang berkumpul keuarga sekaligus menghangatkan tubuh.

Pada saat musim dingin, masyarakat Jepang bisa seharian berda didalam kotatsu sambil tidur tiduran, bermain game dan lainnya. Ada yang bilang kotatsu ini berbahaya, berbahaya bagaimana? berbahaya karena kotatsu ini dapat menyebabkan penggunanya malas beraktifitas dikarenakan rasa hangat yang sangat nyaman pada saat didalam kotatsu tersebut xD. Meskipun begitu, kotatsu sangat bermanfaat bagi masyarakat Jepang saat musim dingin datang.

Harga dari kotatsu tersebut bermacam macam, tergantung dari ukuran kotatsu tersebut. ada yang harganya 5000 yen, ada juga yang harganya 15-20000 yen (1 yen = 106 rupiah). Apakah teman teman berminat menggunakan kotatsu?

berikut ini adalah beberapa foto dari kotatsu:

Semoga bermanfaat 🙂

Tags: