Kosupure-kei Inshokuten atau Cosplay Cafe

Ada yang pernah mendengar istilah maid cafe?

untuk para penggemar anime mungkin pernah mendengar istilah itu. Maid cafe pernah diadakan di Indonesia pada saat acara AFA Indonesia pada tanggal 1 September � 2 September 2012 yang lalu. Maid cafe adalah salah satu kegiatan atau tempat yang termasuk dalam Kosupure-kei Inshokuten (Rumah makan cosplay). Kosupure-kei Inshokuten adalah sebuah cafe (atau dalam bahasa Jepangnya disebut dengan izakaya) bertemakan  anime, manga dan video game. Pelanggan yang datang ke rumah makan cosplay akan  dilayani oleh para pelayan yang menggunakan kostum atau juga bercosplay layaknya karakter yang ada dalam anime dan manga. Kosupure-kei Inshokuten memiliki atmosfer yang berbeda dari cafe biasa. Di Kosupure-kei Inshokuten para pelanggan dilayani layaknya seorang tuan dan nyonya.
Sejarahnya Kosupure-kei Inshokuten berasal dari pameran anime, manga, dan video game di Tokyo Big Sight pada tahun 1998. Pada saat itu, ada seorang produsen benda karakter yang membuka membuka stand Pia Carrot ( Pia Carrot adalah sebuah restoran yang ada dalam game  Pia Carrot e Youkoso!! 2). Pada tanggal 22 Juli 1999, Pia Carrot Restaurant yang diproduksi oleh Brocolli membuat tempat di Akihabara, tepatnya di lantai 6 toko permainan video Gamer’s Square.  Restoran itu hanya akan beroperasi dalam waktu terbatas. Pia Carrot Restaurant menjadi cafe cosplay pertama yang ada di Akihabara, oleh sebab itu tempat tersebut menjadi sangat ramai dan digemari orang banyak. Setelah 2 bulan beroprasi, Pia Carrot Restaurant ditutup pada tanggal 19 September, akan tetapi kembali dibuka secara terbatas pada saat-saat tertentu.
Pada pertengahan Februari tahun 2000,  Brocolli (seorang produsen benda karakter yang membuka membuka stand Pia Carrot) membuka cafe cosplay Gamer’s Cafe di lantai 7 toko utama Gamer’s Square di Chuuodori dan juga membuka Cafe de COSPA pada akhir Mei tahun 2000. Konsep dari Cafe de COSPA hampir menyerupai Pia Carrot Restaurant, akan tetapi cafe tersebut beroperasi tanpa mengenal batasan waktu.  Pada akhir Maret 2001, pengelolaan Cafe de COSPA dialihkan dari Gamer’s ke Cospa. Pada 18 Maret 2001 Cafe de COSPA ditutup  karena akan direnovasi, lalu dibuka kembali pada tanggal 30 Maret 2001 dengan nama baru yaitu Cure Maid Cafe. Cure Maid Cafe merupakan Maid Cafe pertama yang ada di Akihabara, hal tersebut dikarenakan para pelayan Cure Maid Cafe diwajibkan menggunakan kostum maid dan mejadikan cafe tersebut Maid Cafe pertama di Akihabara.
Menurut info yang Se-No ketauhi, ada 2 jenis Kosupure-kei Inshokuten yaitu maid cafe dan butler cafe. Perbedaan dari maid cafe dan butler cafe terdapat pada siapa yang menjadi pelayannya dan pakaian yang digunakan pelayannya tersebut. Maid cafe atau yang dalam bahasa Jepang disebut meido kissa merupakan cafe yang pelayannya perempuan dan menggunakan kostum maid, maid cafe biasanya menyajikan teh, omurice ( makanan asal Jepang berupa nasi putih yang digoreng bersama saus tomat lalu dibungkus dengan omelet telur ) dan juga nasi kari. Biasanya pelanggan yang berkunjung ke maid cafe adalah pria. Sedangkan butler cafe  merupakan cafe yang pelayannya pria dan juga menggunakan pakaian butler. Di Jepang butler cafe biasa disebut dengan oji kissa, biasanya pelanggan butler cafe adalah perempuan.
Berikut adalah foto foto Kosupure-kei Inshokuten yang Se-No miliki 😀

Semoga info ini bermanfaat ^^

Tags:
No Response

Leave a reply "Kosupure-kei Inshokuten atau Cosplay Cafe"