Kegiatan Comic Market/Comiket dan Sejarah Kegiatan Comik Market

apakah ada yang tau Comic Market itu sebenarnya kegiatan apa? kegiatan pameran komik saja kah yang dilakukan disana?….. dari pada penasaran dengan Comik Market, maka SeNo akan membahas apa yang dimaksud dengan Comic Market dan bagai mana sejarah bisa terlaksananya kegiaatan

Comic Market tersebut. Comic Market atau yang biasa disingkat menjadi Comiket atau Comike adalah sebuah kegiatan pameran dan pasar dojinshi terbesar di dunia yang diadakan setiap tahun sebanyak dua kali penyelenggaraan (pada bulan Agustus dan Desember) di Tokyo, Jepang. Pameran ini berlangsung selama 2 atau 3 hari di gedung Tokyo Big Sight (Pusat Pameran Internasional Tokyo) dan dikunjungi sekitar setengah juta pengunjung. Comic Market sudah ada dan menjadi sebuah merek dagang yang sudah terdaftar sejak tahun 1998. Setiap kali penyelenggaraan, nama Comic



Market ditambah dengan nomor urut penyelenggaraan, misalnya “Comic Market 72” (disingkat C72) untuk pameran ke-72 (pada bulan Agustus 2007). Pameran ini juga meiliki panggian atau nama lain yang dibuat oleh para penggemarnya, nama ini memiliki perbedaan pada setiap musimnya. Pada saat musim panas, Comik Market sering disebut dengan nama Natsu Comi (pada musim panas bulan Agustus), sedangkan pada saat musim dingin sering disebut dengan Fuyu Comi (pada saat musim dingin bulan Desember). Acara Comik market diramaikan oleh pameran dan penjualan hasil karya mulai dari dojinshi, anime, video game, pementasan cosplay, hingga penjualan action figure dan aksesori. Disini juga disediakan ruang ganti untuk para cosplayer yang ingin mengikuti acara pementasaan dan juga berfoto bersama para pengunjung, kegiatan tersebut terletal ditempat yang dinamakan Cosplay Square. kegiatan ini diselenggarakan oleh Komite Perencanaan Comic Market(Comic Market Setsuei-bu), lalu juga kegiatan ini diramaikan oleh sekitar 35 ribu circle (grup artis dojinshi) dan para penerbit besar dojinshi yang membuka stan dikegiatan ini. Pameran ini tidak bertujuan untuk mencari keuntungan odari penjualan secara besar-besaran, karena Comic Market diadakan oleh para penggemar untuk saling berkomunikasi dengan sesama penggemar. Sejarahnya,

Kegiatan Comic Market pertama kali diadakan pada tanggal 21 Desember 1975 di gedung Nissho Hall, Toranomon, Tokyo . Pada saat itu Comik Market hanya diikuti 32 circle, dan dihadiri oleh kurang lebih 700 pengunjung. Awalnya Comic Market diselenggarakan sekitar setahun 3 kali, hal ini dikarenakan kegiatan ini mengikuti waktu liburan sekolah di Jepang (musim semi, musim panas dan musim dingin), akan tetapi Comic Market pada musim semi tidak lagi diselenggarakan sejak tahun 1983. Pada Comic Marketyang ke-2 sampai yang ke-4 pada tahun 1976, kegiatan ini diselenggarakan di gedung Itabashi Sangyo Rengo. Pada saat itu, pesertanya pesertanya masih sangat sedikit dan tidak mencapai 100 circle. Antrian pengunjung pun sudah mulai terlihat sejak Comiket ke-5 pada tahun 1997 yang diadakan di Gedung Industri Kota Ota, Tokyo. Jumlah peserta Comiket yang ke-13 pun mencapai 300 circle, dengan banyak pengunjung sekitar 4 ribu orang. Jumlah pengunjung dan peserta akhirnya semakin bertambah banyak setelah pameran ini diselenggarakan di Kawasaki Citizen Plaza pada tahun 1980-1981, dengan banyak peserta sekitar 350, 400 circle dan 7 ribu orang pengunjung.

Pada Comiket ke-18, jumlah peserta mencapai 500 circle dengan pengunjung lebih dari 10 ribu orang. Sejak musim dingin 1989 hingga musim dingin 1990 pameran ini diselenggarakan di Makuhari Messe, Prefektur Chiba . Dan akhirnya dari pameran ke-40 pada musim panas 1991 hingga pameran ke-49 diselenggarakan di Tokyo International Trade Center di Harumi, Tokyo. Tokyo Big Sight menjadi arena penyelenggaraan Comic Market sejak musim panas 1996 . Setiap tahunnya jumlah pengunjung dan peserta terus bertambah hingga mencapai sekitar 500 ribu orang pada pameran ke-63 pada tahun 2002.

Pengunjung Comic Market tidak dipungut biaya sama sekali, akan tetapi pengunjung dianjurkan membeli katalog pameran agar para pengunjung mudah dalam mencari tenpat berbelanja dan juga ketika ingin mengikuti acara. Sekitar sebulan sebelum pameran berlangsung, katalog pameran sudah bisa dibeli di toko-toko buku besar atau juga bisa dipesan melalui situs web resmi maupun situs web yang menjual katalog tersebut. Biasanya katalogdisediakan  dalam bentuk buku yang tebal atau juga dalam bentuk CD-ROM. Isi dari katalog tersebut berupa daftar semua circle, peta pameran, peraturan peraturan yang harus dipatuhi, dan juga foto grup artis dojinshi.

Belakangan ini Indonesia juga sering melakukan kegiatan yang dilakukan diComic Market, seperti menjual komik buatan sendiri, komik bekas, komik yang sudah tidak terbil lagi ditoko buku, atau juga komik komik yang sudah terbit ditoko buku. Disini juga ada stand yang menjual action figur dan asesoris yang menarik.

Berminat untuk mendatangi kegiatan Comic Market? datanglah kejepang pada bulan Agustus dan Desember,  jika belum sempat/belum bisa pergi keJepang, teman teman bisa datang dievent event yang biasanya dilakukan oleh teman teman yang ada diIndonesia, kegiatan yang SeNo ketahui adalah kegatan Comic Frontier yang dilakukan dievent gelar Jepang UI.

Berikut adalah beberapa foto dari kegiatan Comic Market di Jepang:

Semoga infonya bermanfaat buat semuanya ^^

Tags: