J-Culture Spesial Supranatural: Tentang Makhluk Hijau Kappa

Yoo… mina-san!! O-genki desu ka? di artikel J-Culture Spesial Supranatural kali ini gua mau ngebahas tentang Kappa, yahh mungkin kalo soal ini pasti lu udah pada tau, tapi apa salahnya kan baca lagi soal makhluk hijau satu ini!?, Wokeehh tanpa panjang lebar lagi langsung aja Check This Out!

Gak hanya kebudayaan, tradisi dan pengembangan teknologi yang ada di Jepang. Tapi keberadaan makhluk mitos yang jadi legenda, banyak ditemuin di sana. Salah satunya adalah Kappa. Di mitologi agama Shinto, ada sebuah legenda mengenai makhluk yang diidentifikasikan sebagai Dewa Air atau disebut Kappa. Tapi gak kayak makhluk mitologi lain, saat ini, paling enggak ada 4 mumi Kappa yang tersimpan di Jepang dan Belanda. Kappa punya berbagai macam sebutan, Contohnya Kawataro (bocah air), Kawaka, Kawaranbe, Kyuusenbou, Masunta, Mujima dan Ningyo. Kappa bisa dijumpai di danau, sungai, mata air dan bahkan di saluran irigasi.

Hmm.. Mungkin beberapa di antara kalian pada beranggapan bahwa kappa itu cuma mitos belaka, Weiittss tunggu dulu!, tadi kan gua udah bilang ada 4 mumi kappa yang tersimpan di Jepang dan Belanda yang jadi bukti nyata keberadaan makhluk ini, dan ini dia ke 4 mumi itu:
1.Mumi Kappa Di National Museum of Ethnology di Leiden, Belanda

Mumi ini dianggap sebagai hasil karya seni yang dibuat dengan cara menggabungkan berbagai bagian tubuh hewan dan dipercaya dibuat untuk tujuan karnaval pada masa periode Edo.Mumi Kappa ini disimpan di National Museum of Ethnology di Leiden, Belanda

2.Osaka, Jepang



Mumi ini punya panjang 70 cm dengan bentuk kayak manusia dan diperkirakan berasal dari tahun 1682 dan saat ini berada di Kuil Zuiryuji, Osaka, Jepang.

3.Pabrik Sake Matsuura di kota Imari, Jepang

Mumi Kappa di pabrik sake Matsuura di kota Imari. Menurut brosur yang dirilis perusahaan sake ini, mumi itu ditemukan di dalam sebuah kotak kayu pada tahun 1950an oleh seorang tukang bangunan di langit-langit sebuah rumah ketika doi sedang mengganti atapnya. Melihat anehnya makhluk itu, nenek moyangnya kemudian ngewarisin mumi itu ke anak cucunya.

4.Ueno Asakusa, Tokyo



Potongan tangan Kappa yang disimpan di sebuah kuil yang bernama kuil Kappa di wilayah Ueno Asakusa, Tokyo.

Gimana udah percaya kalo Kappa itu dulunya emang pernah ada?! Itu mah kembali ke pribadi kalian masing-masing sih.

Ehmm masih kurang penjelasannya? oke deh gua kasih lagi.

Berikut beberapa rincian lain tentang kappa:
-Asal Usul Kisah Kappa


Pertama kali kisah Kappa muncul pada catatan kuno Nihon Shoki yang berasal dari tahun 720 masehi. Di dokumen itu, Kappa disebut “Kawa no Kami”. Pada periode Edo, Ilustrasi mengenai Kappa muncul dalam antologi-antologi dan lukisan. Pada tahun 1910, Kappa mulai mendapat popularitasnya setelah sebuah cerita rakyat yang berjudul “Tono Monogatari” terbit. Dalam kisah itu diceritakan mengenai beberapa makhluk legenda termasuk Kappa.
-Fisik dan Karakteristik Kappa


Buat penampakan fisiknya sendiri kadang doi digambarkan punya bentuk seperti seekor ular, belut ataupun kura-kura, tapi deskripsi tentang fisik Kappa yang paling populer adalah doi punya badan kayak anak kecil, berwajah kera, punya tempurung di punggung, rambut panjang dan kulit bersisik yang berwarna kuning atau hijau.. Kappa punya bau amis kayak ikan dan benci suara keras dan benda logam, doi banyak tersebar di wilayah Kyushu dan sungai Sarugaishi di Honshu. Satu ciri yang unik dari Kappa adalah adanya sebuah rongga tanpa tutup di atas kepalanya. Rongga bulat ini berisi air yang jadi sumber kekuatan Kappa. Meski pun dideskripsikan sebagai makhluk jelek yang jahat, namun banyak legenda menceritakan bahwa Kappa adalah makhluk yang baik dan pandai mengobati. Kalo doi ketangkep dan diminta buat janji agar gak ganggu penduduk lagi, doi pasti akan nepati janjinya.
-Kekuatan Yang Dimiliki Kappa


Walau doi punya ukuran kayak anak kecil, Kappa punya kekuatan yang besar. doi berani nyerang seekor kuda dan mampu narik mangsanya yang bertubuh lebih besar ke dalam air. Konon Kappa dapetin kekuatannya dengan minum darah dan menyantap isi perut mangsanya.
-Cara Bertarung Dengan Kappa (Serius..)


Kalo lu terlibat pertengkaran atau duel sama Kappa, sebelum bertarung berilah hormat terlebih dahulu dengan cara membungkukkan badan (Salam Hormat ala Jepang). Menurut mitos, karena doi punya tata krama yang baik Kappa akan segera ngebalas dengan membungkukkan badannya juga. Dengan demikian cairan di kepalanya akan tumpah dan kekuatannya pun akan hilang (Ini Seriusan Loh). Hal ini akan maksa doi buat mundur dari pertarungan dan akhirnya lu menang.
Ahhhhhhh…. Akhirnya selesai juga artikel J-Culture Spesial Supranatural kali ini semoga lu enjoy n lu bisa jadi lebih ngehargain hal yang gak ada, padahal hal tersebut ada (Ngomong apaan sih?!), Wokeehhh! sekian dari gua sorry kalo ada salah-salah kata, Bye!

NOTE: Artikel J-Culture Spesial Supranatural ini akan gua post lagi setiap Malem Jum’at! so, yang pada nganggur pas malem jum’at lu tongkrongin aja ini blog! Salam Peluk Cium dari gua. *Plakk 😀

No Response

Leave a reply "J-Culture Spesial Supranatural: Tentang Makhluk Hijau Kappa"