J-Culture Spesial Supranatural: Tentang Makhluk Terbang Tengu

Yoo… mina-san!! O-genki desu ka? balik lagi di artikel J-Culture Spesial Supranaturalnya, jum’at kemaren gua udah bahas soal Hantu Hanako-san, nah kali ini gua mau ngebahas soal hantu asal negeri matahari terbit lagi nih yaitu Iblis Tengu, pasti beberapa dari kalian udah pada tau Tengu itu apaan tapi kan apa salahnya baca lagi soal iblis yang satu ini, Wokeehh langsung aja Check This Out.

Tengu (天狗) berarti ‘anjing surgawi’ dalam mitologi bangsa China yang disebut Tiangou. Tengu itu termasuk kedalam dewa yang ada di ajaran Shinto ada juga yang bilang kalo Tengu itu masuk kedalam golongan Yōkai (Ntar deh kapan-kapan gua jelasin apa itu Yōkai).
Mungkin lu pada ngira kalo tengu itu cuma urban legend belaka yang kagak ada buktinya sama sekali, weeiits percaya gak percaya di Museum Hachinohe, Prefektur Aomori ada mumi Tengu loh (Ini jadi bukti nyata kalo tengu itu dulunya emang ada). Konon mumi Tengu ini dimiliki oleh seorang pemimpin klan Nambu bernama Nambu Nobuyori yang memerintah kawasan Hachinohe pada abad ke-18. Untuk penampakan si Mumi itu sendiri, doi punya kepala mirip manusi tapi doi punya sayap sama kaki kayak burung. Tengu yang telah menjadi mumi ini dipercaya berasal dari kota Nobeoka, Prefektur Miyazaki di Jepang Selatan. Beberapa teori menyebut bahwa mumi ini sampai ke Jepang Utara setelah diwariskan ke beberapa anggota keluarga Samurai yang memerintah Jepang, hingga akhirnya sampai ke Museum Hachinohe di Aomori.

Mumi Tengu di Museum Hachinohe, Prefektur Aomori, Jepang

-Asal Usul Tengu

Mitologi Tengu bermula dari sekitar abad ke-6 Masehi sejalan dengan tibanya agama Budha ke Jepang dari Cina. Tengu dianggap sebagai goblin yang tinggal di hutan dan gunung. Buku Nihon Shoki ‘Catatan sejarah kuno mitologi Jepang’ dianggap yang paling pertama nyebutin asal muasal si Tengu ini , di buku itu disebutin bahwa pada abad itu sebuah meteor melintasi langit Jepang dan meteor itu jatuh lalu kemudian Tengu berevolusi/muncul dari sebuah meteor menjadi makhluk terbang.

-Kekuatan Yang Dimiliki Tengu

Mereka disebut punya kekuatan supranatural kayak bisa berubah jadi mnusia dan hewan, bisa ngomong tanpa buka mulut (WTF?) and doi mampu pindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat pake sayapnya.

Yosh.. akhirnya selesai juga artikel J-Culture Spesial Supranaturalnya, semoga kalian enjoy n tambah betah nongkrong di blog ini, sekian dari gua sorry kalo ada salah-salah kata, Bye!
NOTE: Artikel J-Culture Spesial Supranatural ini akan gua post lagi setiap Malem Jum’at! so, yang pada nganggur pas malem jum’at lu tongkrongin aja ini blog! Salam Peluk Cium dari gua. *Plakk 😀