Hishimochi atau Mochi Lapis Asal Jepang

Mungkin teman teman pernah melihat makanan asal jepang yang namanya hishimochi atau mochi lapis 3 warna. Biasanya makanan ini muncul dianime atau dorama pada saat menceritakaan tentang hari perayaan hinamatsuri, hinamatsuri adalah hari atau perayaan yang diadakan untuk mendoakan anak anak perempuan, hinamatsuri dirayakan setiap tanggal 3 Maret di Jepang.
Bentuk dari hishimochi biasanya berbentuk belahketupat dan pada umumnya memiliki 3 warna, akan tetapi ada juga yang bentuknya bukan belah ketupat. Salah satu contohnya adalah hishimochi yang ada didaerah Perfektur Mie, hishimochi dari Perfektur Mie ini bentuknya segitiga dan biasa disebut dengan nama sankaku mochi / mochi segitiga. Hishimochi ini biasa diberikan kepada orang tua kita dihari Hinamatsuri. Hishimochi memiliki 3 warna yaitu  merah muda, putih dan juga hijau. Dari setiap warna tadi memiliki arti yang berbeda beda. Biasanya hishimochi  disimpan/dipajang bersama dengan pajangan boneka dan juga bunga persik.
  • Warna merah muda yang dilambangkan sebagai bunga persik yang artinya bisa menghalau nasib nasib sial
  • Warna putih yang dilambangkan sebagai sisa sisa salju yang belum mencair diawal musim semi yang memiliki arti kesucian
  • Warna hujau yang dilambangkan dengan rerumputan hijau yang baru tumbuh pada saat musim semi yang memiliki arti umur yang panjang

Sejarahnya, dulu pada saat zaman Muromachi ( sejak tahun 1338 – 1573 -an ), keluarga dari klan Ashikaga memiliki kebiasaan mengkonsumsi mochi yang berwarna merah muda dan putih yang  berbentuk belah ketupat. Tradisi ini ditiru oleh orang orang diistana kaisar. Setelah itu ditambah lah lapisan berwarna hijau pada moshi tersebut  dengan pewarna dari tanaman yomogi. Menurut kepercayaan masyarakat pada saat itu, daun yomogi dapat digunakan untuk mengusir roh jahat.

Semoga bermanfaat……. 😀
Tags: