Bukan Bait! Alasan Kenapa Manga Jepang Lebih Baik Daripada Komik Barat

  Hai,berjumpa lagi dengan Junk.Setelah menulis artikel Alasan Kenapa Anime Sekarang Tidak Bermutu Lagi,Junk telah meraih 10.700 pengunjung dalam waktu 20 hari.Komentar yang dilemparkan kepada artikel tersebut pun sangat bagus dan menarik.Dan itu membuat Junk berniat untuk menulis artikel ini.

  Kali ini Junk akan membahas tentang alasan kenapa manga Jepang lebih baik daripada komik barat.Ini adalah salah satu perdebatan paling sengit dibandingkan perbedaan antara anime dan kartun selain perbedaan anime dengan kartun (Baca Juga : Bukti Bahwa Anime dan Kartun Itu Sama).

  Perhatian! Artikel ini mengandung berbagai macam kontroversi,perbedaan pendapat dengan pembaca,dan bersifat tidak menyenangkan.Maka dari itu harap baca artikel ini dengan pikiran yang sejuk dan jernih.Langsung saja.

1.Manga Digambar Oleh Satu Orang


  Manga pada umumnya digambarkan oleh sang mangaka seorang diri dan ada beberapa mangaka yang membuatnya bersama rekannya.Berbeda dengan komik barat yang dibuat oleh banyak orang.Setiap orang punya tugas masing-masing,seperti menggambar,pemberian teks,dan pewarnaan.Inilah yang menyebabkan kalau manga itu lebih baik dari komik barat.

2.Seorang Mangaka Berpikir Lebih Cepat


  Seorang mangaka sebelum mengerjakan proyeknya,ia sudah memikirkan jalan cerita,karakter,latar sebelum proyek dikerjakan,pemikiran ini biasanya muncul setahun atau beberapa dekade sebelum manga dikerjakan.Berbeda dengan komik barat yang terlalu “memaksa” mengerjakan komiknya.Ia tidak memiliki ide sebelum pembuatan dan berpikir keras saat deadline hampir tiba.Ini juga membuat manga Jepang lebih baik dari komik barat.

3.Seorang Mangaka Berpikir Lebih Cerdas


  Aoyama Gosho adalah seorang mangaka Jepang yang sukses dengan manganya,yaitu Detective Conan.Per minggunya Aoyama bisa memikirkan trik kasus yang bahkan orang profesional pun tidak terpikiran.Berbeda dengan komik-komik barat yang membahas tentang dunia misteri dan detektif.Sang kreator komik barat tersebut hanya dapat memikirkan 1 trik kasus tiap bulannya.

4.Komik Barat Terlalu Mendramatisir


  Komik barat (maaf) terlalu lebay dengan jalan cerita yang dibuatnya.Entah karakter tewas mengenaskan atau bunuh diri ditinggal pacar.Berbeda dengan manga yang lebih terlihat real dalam jalan cerita.Manga biasanya menceritakan tentang kehidupan nyata dan masuk akal,umumnya ber-genre Slice of Life.

5.Mangaka Dapat Mengatur Warna Sesuka Hatinya


  Manga Jepang umumnya bewarna hitam-putih,berbeda dengan komik barat yang menggunakan warna yang kadang membuat pembaca sakit mata.Mangaka dapat mengatur skala kedalaman warna,seperti warna kuning,putih,biru,hitam,dan merah.Umumnya pembaca manga Jepang sudah terbiasa dengan manga Jepang akan cepat mengetahui warna yang “seharusnya” digunakan.

6.Komik Barat Tidak Mau Mati
  Komik barat yang dibuat sejak ayah kita baru lahir hingga sekarang masih ada yang berlanjut.Komik barat tidak pernah mau menamatkan ceritanya secara cepat (malah terlalu lama).Hampir tidak ada orang yang mau marathon membaca komik barat dari awal sampai akhir karena panjangnya cerita.Berbeda dengan manga Jepang,beberapa manga Jepang pun masih ada yang masih berlanjut sampai sekarang,seperti Detective Conan dan One Piece.Walaupun begitu,penamatan cerita tidak akan selama komik barat yang dapat menamatkan komiknya hingga 70 tahun.

  Inilah alasan kenapa manga Jepang lebih baik daripada komik barat.Walaupun begitu,komik barat masih memiliki beberapa kelebihan dibandingkan manga.Namun saat ini,Junk hanya akan membahas kelebihan dari manga Jepang terlebih dahulu.

  Hanya ini saja yang dapat Junk sampaikan.Apabila ada kesalahan mohon diperbaiki dan apabila ada kekurangan mohon ditambahkan.
  Sekian dari Junk.Mohon share dan kunjungi lagi blog ini.
  Sumber : Pemikiran Junk dan gambar dari Google
  Kunjungi juga blog sahabat : SULTAN NICK BLOG dan BLOGNIGAMER

Tags:
No Response

Leave a reply "Bukan Bait! Alasan Kenapa Manga Jepang Lebih Baik Daripada Komik Barat"