Beginilah Perayaan Hari Valentine di Jepang

Yoo… mina-san!! O-genki desu ka? Hmm.. Sekarang tanggal 14 februari yah?! Dan lu tau kan hari apa sekarang?! yap bener! sekarang itu hari Sabtu!! *Plakkk. Sebenernya hari ini gak ngaruh apa-apa ataupun ada hal spesial buat gua (Hikks, *Nangis sambil meratapi kesendirian) tapi mungkin buat beberapa orang hari ini hari yang spesial, sebenernya gua benci ngomongnya tapi yap bener! Hari ini hari Valentine. Waktu gua kepikiran mau nulis pake materi ini entah kenapa hati ini terasa perih, tapi apa boleh buat demi kalian-kalian J-Culture lover’s gua rela ngorbanin rasa perih ini (*Hoeekk)… Woookkkehh! gak usah banyak omong langung aja Check This Out!

Di Indonesia (juga di negara lain) biasanya di hari valentine cowoklah yang ngasih pasangannya hadiah coklat, tapi di Jepang malah kebalik, yap bener! Di sana ceweklah yang ngesih coklat buat si cowok. Itulah yang ngejadiin perayaan Valentine di Jepang beda sama yang lainnya

Di Jepang tradisi bagi-bagi coklat dibagi jadi tiga kategori, apa aja 3 kategori itu? Ini dia kategorinya.

1.Honmei Choco 



Honmei choco atau disebut juga coklat mahal. Biasanya cewek yang ngebagiin jenis honmei choco adalah cewek yang bener-bener cinta ke cowoknya misalnya ke suami, kekasih, sebagai lambang cinta sejati. Dan buat JONES yang dapet honmei choco berbesar kepala lah anda karena itu artinya cewek yang ngasih coklat punya rasa sama lu. Gak hanya rasa coklatnya yang enak, presentasi gift honmei choco juga mewah. Jadi gak jarang banyak yang harus dikorbankan sama si cewek buat ngasih honmei choco. Misalnya berkorban duit buat beli coklat mahal atau berkorban waktu untuk membuat coklat spesial, mending kalo tu coklat di terima sama si cowok, nah gimana kalo doi nolak?! hadeeuuhh, cowok kagak dapet duit melayang.

2.Giri Choco 


Yang kedua, giri choco atau coklat basa-basi. Disebut kayak gitu karena cewek yang ngasih giri choco terkesan gak serius, tujuan si cewek ngasih coklat ini hanya karena buat nyenengin hati para JONES yang gak dapet coklat di hari valentine (Ckckck *Geleng-geleng kepala). Weeeiiitss, lu gak usah sampe pengen bunuh diri kalo lu dapet banyak giri choco, karena ada makna lain dari giri choco ini yaitu sebagai lambang hangatnya persahabatan., jadi ada dua kemungkinan kalo lu dapet banyak choco giri! kemungkinan pertama, lu punya banyak sahabat dan kemungkinan kedua lu beneran JONES. Biasanya cewek akan beli banyak paket giri choco untuk dibagiin ke temen cowok yang sering ketemu misalnya rekan kerja, teman sekelas atau teman hang out. Gak jarang dikasih ke ayah atau saudara laki-laki. Harga coklatnya gak terlalu mahal dan biasanya tampilannya cenderung ‘kawaii’, jauh dari kesan mewah dan elegan kayak honmei choco.

3.Tomo Choco 


Dan ini dia yang terakhir, tomo choco atau kependekan dari tomodachi chocolate. Tradisi ngasih tomo choco muncul karena di hari valentine cewek gak dapet coklat, karena ceweklah yang ngasih coklat. Jadilah sesama teman cewek saling ngasih coklat sebagai penghibur hati, INGAT! ini bukan berarti mereka Lesbong. Bentuknya sendiri hampir mirip sama giri choco.

Sekalipun cowok di Jepang bisa dapet coklat berlimpah dalam satu hari. Pemberian tersebut gak gratis lohh, karena satu bulan kemudian, yaitu pada tanggal 14 Maret, giliran para cowok yang wajib ngebales pemberian coklat-coklat tsb dengan cara ngasih hadiah si cewek, karena cewek ngasih colat buat nyatain persaannya kalo doi suka sama si cowok, nah di 14 maret ini lah si cowok ngasih belesan diterima atau enggaknya perasaan si cewek. Hadiahnya harus lebih baik atau lebih mahal dari yang diterima saat valentine. Biasanya dibungkus sama kotak berwarna putih. Karenanya tanggal 14 Maret disebut sebagai White Day. Jadi, kalo lu dapet banyak coklat (Khususnya Honmei choco) di hari valentine, itu artinya sebulan kemudian lu kudu ngebales satu per satu coklat itu, buat solusinya kalo lu dapet banyak coklat n gak bisa nerima perasaan cewek-cewek itu lu langsung balikin aja coklat-coklat pemberian si cewek pas di hari lu nerima coklat itu.

Fiuuhhh… selesai juga ini artikel (Perihnya masih kerasa *Sambil megang dada), ingat! gimanapun lu ngerayainnya valentine tetaplah valentine yang penuh kasih sayang. Dengan ini semoga lu enjoy n semoga artikel ini bisa nambah pengetahuan lu tentang Jepang. Kata-kata mutiara dari gua, ‘Jomblo itu PILIHAN bukan TAKDIR’ (Apaan sih?). Sekian dari gua sorry kalo ada salah-salah kata, Bye!

Tags:
No Response

Leave a reply "Beginilah Perayaan Hari Valentine di Jepang"