Apasih Itu Anime ?

No comment 2 views

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kata anime, mengapa demikian? Karena diIndonesia, anime/ animasi jepang sudah banyak yang muncul/tayang distasiun TV diIndonesia. Contohnya: Naruto, One Piece, Bleach, Gintama, Doraemon dan juga Crayon Shinchan, nama nama tersebut adalah sebagian judul anime dari sekian banyak anime yang sudah dibuat oleh para animator animator diJepang sana.

Apakah kalian tau arti kata Anime? Anime ( ???) (dibacanya a-ni-me, bukan a-nim atau pun an-im-e) adalah animasi khas dari Negara Jepang yang biasanya dicirikan dengan karakter karakter yang menarik, cerita yang menarik dan banyak sekali jenisnya ( biasana ada yang bergendre comedy seperti Shinchan/Nichijo, lalu Sci-Fi sepert Gundam/Macros, lalu bergendre horor seperti Another/Kore wa Zombi desu ka?, juga ada yang bergendre slice of life seperti Papa no Ikuto wo kikinasai dan Doraemon, dan juga masih banyak gendre gendre lainnya.

Anime banyak dipengaruhi oleh gaya gambar komik khas Jepang, atau yang biasa kita sebut dengan manga. Kata anime dibagi menjadi tiga karakter dalam katakana, yaitu a-ni-me (???) yang merupakan kata serapan bahasa Inggris yaitu Animation dan diucapkan sebagai Anime-shon.

Anime sangat disukai diseluruh dunia, baik dari anak anak sampai orang dewasa pun menyukainya. Masyarakat Jepang sangat senang dan antusias terhadap anime, mereka menganggap anime adalah bagian dari hidup mereka dan juga biasanya beberapa anime menceritakan hal hal yang mungkin akan sulit manusia lakukan dan hal itu dapat membuat orang orang yang menonton dapat berimajinasi jika mereka menjadi salah satu karakter dari anime yang mereka tonton.

Kesuksesan anime Jepang pun membuat beberapa negara juga membuat animasi dan juga ada yang membuat animasinya terlihat khas dengan negaranya masing masing, cara mereka membuat animasi mereka menjadi khas dengan negara mereka biasanya dengan cara menampilkan karakter karakter yang menggunakan pakaiian khas negara mereka. Beberapa animasi dari luar jepang yang kita kenal seperti Tom and Jerry, Teen Titans, Ben 10 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Para Animator bekerja disebuah perusahaan media untuk memproduksi sebuah anime yang biasa kita tonton. Di dalam perusahaan tersebut, terdapat beberapa animator yang saling bekerja sama untuk menghasilkan sebuah anime yang berkualitas, mengapa demkian? Karena membuat sebuah anime membutuhkan waktu yang lama. ONO Eriko(Animator dari anime Miiko) pernah mengatakan, beliau memerlukan waktu 1 minggu untuk menyelesaikan 1 buah episode dari serial komik Hai Miiko dan hal itu dikerjakan dengan banyak bantuan dari asisten asistennya (1 episode biasanya berisi kurang lebih sebanyak 17 lembar dan tidak bulak balik). Satu episode pada komik memang terlihat sedikit, namun membutuhkan waaktu yang sangat lama untuk menghasilkan sebuah animasi yang dapat membuat orang orang senang dengan manga yang beliau dan teman temannya hasilkan. jika satu episode pada komik dapat memakan waktu kurang lebih sekitar 1 minggu, bagai mana dengan membuat anime? Rata rata para animator jepang membuat satu episode anime menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 1 bulan dan animator tersebut dibantu oleh animator animator lainnya dan juga dibantu oleh asisten aistennya yang sudah profesional.

Tapi sangat disayangkan, gaji dari para animator tersebut tidak sebanding dengan kerja keras mereka, hal tersebut membuat beberapa animator enggan bersikap profesional pada profesinya tersebut. Akan tetapi masih banyak pula animator animator yang sangat profesional dengan profesi dan karya karyanya, seperti Masashi Kishimoto, ONO Eriko, Eiichiro Oda, dan bebrapa komikus lainnya. Para animator itu sendiri sering disebut dengan Seniman Bayangan karena mereka bekerja seperti seorang seniman yang berusaha mengedepankan unsur cerita dan unsur intrinsiknya. Akan tetapi masih banyak. Oleh sebab itu, kita harus selalu menghargai karya karya dari para animator yang sudah bekerja keras menciptakan anime anime yang sangat menarik untuk kita tonton.

Pembajakan sangat mempersulit para animator untuk mendapatkan keuntungan penuh dari hasil kerja keras mereka. Hal ini juga yang menyebabkan banyak animator yang berhenti memproduksi anime yang sudah biasa mereka hasilkan.

Banyak skali orang orang yang datang keJepang untuk mempelajadi cara membuat anime dan manga, hal itu terjadi karena mereka sangat tertarik dengan anime dan manga yang sudah sangat populer diseluruh dunia.

Saat ini banyak sekali teknologi yang dapat mempermudah membuat sebuah animasi, hal ini lah yang dapat membedakan anime sekarang dengan anime pada jaman dahulu. Meskipun ada yang beranggapan anime sekarang kualitas artistiknya lebih rendah dibandingkan dengan anime jaman dahulu.Akan tetapi kualitas gambar anime sekarang lebih enak dilihat dan lebih mudah dimengerti karena gambarnya lebih proporsional dan warnanya lebih Jelas.

Beberapa gambar Anime dari dulu hingga sekarang 😀

Dukung dan hargai terus anime anime Jepang ^^

No Response

Leave a reply "Apasih Itu Anime ?"