7 Perbedaan Anime Jepang vs Kartun Barat! Apa Saja Ya?

Naruto Uzumaki, siapa yang tidak mengenal karakter kartun yang satu ini. Eh salah, maksudnya adalah karakter anime yang satu ini. Yap! Beberapa dari kalian pastinya akan mengomentasi perkataan saya barusan. Bagi penonton yang kurang berpengalaman, pastinya mereka akan beranggapan jika cartoon dan anime itu sama. Kedua tipe itu sama-sama film animasi dan ditujukan untuk anak-anak.

Namun tentunya, pendapat berbeda akan dilontarkan mentah-mentah oleh para pencinta anime di seluruh dunia. Mereka beranggapan jika anime dan kartun sangatlah berbeda dari segi manapun. Disamping dari asal kedua tipe film ini yang berbeda, tahukah kalian jika sebenarnya amsih banyak lagi perbedaan yang terliaht sangat mencolok. Nah, ada beberapa kategori yang akan kita gunakan untuk membandingkan anime vs cartoon ini, hmm, mana kira-kira yang lebih menarik ya?

Untuk kategori pertama, kita akan membandingkan anatara anime dan cartoon barat ini. Dari bentuk, anime bisa dibilang lebih kreatif daripada kartun, setuju nggak? Kenapa saja bilang lebih kreatif? Itu dikarenakan tokoh anime lebih banyak variasi dan bentuk karakter dari pada cartoon barat. Kita ambil contoh saja dari warna dan bentuk rambut anime. Tentu kalian dapat melihat bentuk rambut yang pastinya sangat sulit dibentuk jika itu ada di dunia nyata, bukan? Berbanding terbalik dengan Anime, Cartoon barat biasanya hanya menggunakan beberapa jenis rambut dan jauh sekali dari kata aneh seperti pada anime.

2.  Jalan Cerita Anime vs Kartun!
Meskipun dibilang sama, jalan cerita anime dan kartun nyatanya sangatlah berbeda. Terlihat dari jalan cerita, kartun dipeastikan memang dibuat untuk menghibur. Hal ini tentunya berbeda dengan anime yang jalan ceritanya sangatlah rumit dan tidak hanya untuk hiburan semata. Sebagai contoh, kartun barat biasanya dibuat dengan menggunakan animasi hewan sebagai tokoh utama mereka, cenderung sangat berbeda dengan anime yang selalu menggunakan ilustrasi manusia dan desain yang rumit.

3.  Proses Pembuatan Anime vs Kartun!
Bagi kalian pencinta anime, pastinya telah mengetahui jika pada awalnya anime berasal dari sebuah komik atau novel yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah serial anime. Dalam proses ini, tentunya komik ataupun novel yang ingin diadaptasi harus telah mempunyai pamor di masyarakat. Berbeda dengan kartun barat yang prosesnya terbalik, biasanya kartun barat dimulai dari tayangan filmnya terlebih dahulu, setelah mereka mendapatkan pamor, maka akan dibuatlah versi komiknya.
4.  Pewarnaan Animasi Anime vs Kartun!
Pernahkah kalian menyadari jika warna rambut pada karakter anime itu beraneka ragam? Ya, entah apa yang dipikirkan oleh para pengarang anime sehingga karakter mereka selalu diberikan rambut yang berwarna-warni dan bentuk aneh yang tidak lazim. Sebaliknya, pewarnaan pada kartun barat mungkin terlhat lebih unggul dan realistis. Contohnya saja seperti Spongebob Squerpants. Mister Crab diberikan warna merah, karena memang pada dasarnya kepiting berwarna merah. Begitu juga shandy Squirell yang warnanya tidak jauh dari coklat  gelap. Ada juga tokoh lain seperti Donald bebek yang berwarna putih dan Buny Bugs yang berwarna abu-abu.

5. Genre Anime vs Kartun!
Oke pencinta anime, bisa kalian sebutkan apa saja genre yang ada pada anime? Ya, sangat banyak sekali, semua genre di anime tentunya juga melambangkan berapakah batasan dari umur penonton yang boleh melihatnya. Seperti Ecchi yang biasanya ditujukan dari 18 tahun keatas dan biasa akan tayang di malam hari di jepang. Namun untuk pencinta kartun barat, tentunya mereka akan sulit juga mengatakan genre pada animasi barat ini. Itu dikarenakan tidak ada genre pada kartun barat, namun digantikan dengan batasan usia langsung.

6. Tingkat Imajinasi Anime vs Cartooon!
Nah, untuk kategori kali ini, sepertnya kartun barat menempatkan posisi pertama ya. Pasalnya, kalau di kartun barat, kita bisa melihat tingkat imajinasi pengarang film sangatlah tinggi. Contohnya saja seperti tom and jerry ataupun spongebob squerpants, masuk akal nggak kalao ditimpa piano, jatuh dari tebing, titabrak kereta api dan minum cairan beracun bisa hidup lagi? Yap, ketidak masukan akalan itulah yang membuat kartun barat mempunyai tingkat imajinasi yang lebih tinggi dari Anime. Sedangkan pada anime, terkadang memang ada beberapa hal tidak logis yang sulit dijelaskan, seperti halnya Kudou Shinichi yang meminum pin hingga dia menjadi kecil, ataupun doraemon dengan alat dari masa depannya.

7. Soundtrack Anime vs Cartoon!
Kira-kira sountract lagu animasi mana nih yang kalian inget-inget terus? Kalau pencinta kartun, saya jamin paling banyak pasti sountractnya si ninja gaul Naruto ya. Nah, kalau untuk pentinya kartun barat, pastinya akan lebih banyak mengingat sountract spongebob Squerpants. Sountract merupakan salah satu kategori yang bisa dibilang sangta mencolok dan berbeda dari anime dan kartun barat. Contohnya saja pada anime naruto, saatb ini saja sudah lebih dari 17 Ost Opening serta Ending yang mendukung salah satu anime ini. Yap, tentunya lirik yang digunakan juga memang dibuat khussu untuk anime tersebut. Berbeda dengan kartun barat nih sobat, memang benar jika pada kartun barat juga akan menggunakan sountract yang khusus untuk kartun tersebut, namun soal pergantian lagu? Yap, jarang sekali saya melihat kartun barat bergenti sountract meskipun sudah lama mengudara.

Nah, sobat binder cerita, itulah tadi 7 kategori yang membedakan antara Anime dan Kartun Barat. Sedikir saran, jika kalian dibilang seperti anak kecil karena menonton anime, coba bilang kepada si penanya, emang anime genrenya hentai juga untuk anak kecil? Ecchi yang banyak Oppai juga? Yap, kalian akan sukses buat si penanya bingung. Namun jangan pernah mencoba jawaban ini ke ibu kamu yang lagi emosi ya, bisa-bisa kamu jadi samsak tinju loh, hiihihi, see you to next artikel binders!

Jangan lupa like Fanspage disini ya sobat, supaya kiriman kami bisa terus update di Beranda Facebook kamu, Doumo Arigato Gozaimasu!!!