5 Software Terbaik Untuk Menggambar Manga

Yo yo yoo… mina-san!! O-genki desu ka? Nah kali ini gua akan ngebahas tentang 5 Software Terbaik Untuk Menggambar Manga, mungkin lu pernah kepikiran pengen bikin/gambar manga (Termasuk Gua) tapi peralatan yang lu punya kurang memadai, alhasil keinginan tersebut terpaksa harus diurungkan. Weeiittss, sekarang lu bisa bangkitin lagi kinginan itu dan mulai menggambar manga tanpa harus pusing dengan peralatan-peralatan menggambar seperti G-Pen dll. Gimana caranya?! sesuai dengan judul artikel ini, kita akan make software buat bikin/ngegambarnya, nah di software-software tersebut sudah tersedia alat-alat yang lu perluin buat ngegambar manga. Jadi apa sajakah software-software pembuat manga itu?! langsung aja Check This Out!

1.Manga Studio


Kita mulai dengan software yang pertama. Manga Studio, Manga Studio adalah sofware terbaik buat mangaka pemula yang pengen buat/ngegambar manga lewat software. Kelebihan dari sofware ini sendiri adalah alat lukis/gambar yang dapat disesuaikan, dan juga navigasi interface yang mudah dan userfriendly. Gua rekomendasiin banget deh buat make ini software, tapi sayangnya software ini gak gratis euy, lu mesti bayar sekitar 50-200$ (Rp.500.000-Rp.2.000.000an) buat dapetinnya, jadi nabung dulu aja ya :p *Plakkk!

2.Comic Works


Yang kedua ada Comic Works. Comic Works adalah sofware untuk menggambar manga yang awalnya dibuat untuk mangaka pro tapi sekarang pemula juga bisa make kok. Untuk cara makenya sendiri sangat mudah (Katanya -_-.), navigasinya kalo kata gua sih gak beda jauh sama Manga Studio. Sama halnya kayak Manga Studio software ini gak gratis :D, lu mesti ngumpulin dulu duit sekitar 150$ (Rp.1.500.000) buat dapetinnya.

3.Mangalabo Comic Illustration Portalgraphics


Berikutnya ada Mangalabo Comic Illustration Portalgraphics (Busyeett panjang banget namanya), biasa disingkat Mangalabo, MCIP atau anythinglah yang penting pendek. Mangalabo adalah software buatan jepang yang fungsinya buat bikin/ngegambar manga. Toolsnya lumayan lengkap dan ‘Mungkin’ ini juga gampang makenya. Dan coba tebak apa?! Yap bener banget! software ini juga gak gratis *Plakkk, harganya sekitar 6000 yen (Rp.650.000).

Nah, kalo tadi lu udah puaasss sama software pembuat manga yang harganya lumayan (Puas apaan?!), sekarang gua akan ngasih tau lu software Gretongan yang bisa dipake buat bikin atau gambar manga (Kenapa gak dari tadi sih?!) Wokkehh langsung aja ini dia sofwarenya!

4.Corel Draw


Siapa sih yang gak kenal sama ini software?! Jadi, sebenarnya, dengan aplikasi sederhana seperti CorelDraw pun lu bisa bikin desain dan gambar-gambar manga yang bagus, tinggal lunya aja yang harus ngasah kemampuan lu dan lu mau ngulik apa yang belum lu tau. Gua rekomendasiin banget pake ini software karena lumayan bisa bikin/gambar manga yang sugoii (Meskipun gratisan -_-). Untuk panduan cara ngegambarnya sendiri nanti gua akan bikin artikelnya jadi ditunggu aja ya!

5.PhotoShop


Sofware gretongan berikutnya sekaligus Software Terbaik Untuk Menggambar Manga terakhir adalah PhotoShop, siapa bilang photoshop cuma bisa ngedit-ngedit gambar/foto doang?!. Faktanya photoshop bisa bantu kita bikin/ngegambar manga, emang sih gak sebagus CorelDraw dan juga di Photoshop lu harus gunain bantuan dari luar seperti sketsa buat gambarnya, tapi kan namanya juga gretongan jadi lu pasrah aja 😀 (Ini juga nanti gua bikin panduannya).
Nah, itulah 5 Software Terbaik Untuk Menggambar Manga, semoga lu enjoy n bisa nambah wawasan lu seputar dunia AniManga. Sekian dari gua sorry kalo ada salah-salah kata, Bye! Sumber
No Response

Leave a reply "5 Software Terbaik Untuk Menggambar Manga"