5 Kebiasaan Orang Jepang Yang Dibenci Oleh Mereka Sendiri

Yo yo yo… mina-san!! O-genki desu ka? Wah, udah udah lama ya gua gak ngepost artikel tentang J-Culture (Maaf ya). Nah di artikel J-Culture kali ini gua akan ngebahas tentang 5 Kebiasaan Orang Jepang Yang Dibenci Oleh Mereka Sendiri.

Jepang punya banyak kebiasaan yang unik, dan gak semua kebiasaan itu jadi hal yang masuk akal buat pendatang baru (Read: Turis Asing). Salah satunya adalah kebiasaan orang jepang yang terkenal adalah makan ayam goreng K*C di malam Natal, unik kan?. Ada banyak kebiasaan unik di Jepang yang bahkan orang-orang Jepang berpikir bahwa hal tersebut hanyalah buang-buang waktu bahkan ada yang membencinya. Apa sajakah kebiasaan-kebiasaan itu?! Langsung aja Check This Out!

1.Menuangkan Sake Kepada Senior/Atasan



Jepang punya Hirarki masyarakat yang cukup ketat (Hirarki: cara besikap yang telah diatur baik secara tertulis maupun tidak tertulis sesuai dengan tingkatan atau jabatan), dan orang-orang yang ada di tingkatan bawah harus menghormati dan melayani tingkatan yang lebih atas. Waktu pesta minum-minum perusahaan (di Jepang, minum-minum abis ngantor itu udah jadi hal umum), lu harus ngejaga kadar alkohol dalam darah senior lu itu tetap dalam kondisi puncak dengan cara menuangkan sake ke gelasnya, dan harus tetap terisi, gak boleh kosong (Intinya lu harus bikin si Senior mabok berat).

2.Harus “membayar” Untuk Menghadiri Pernikahan

Tamu undangan pernikahan di Jepang diharapkan membawa sejumlah uang yang cukup untuk menutupi pengeluaran acara pernikahan tersebut, bahkan walaupun kalian merupakan kerabat dekat. Biasanya tamu undangan akan mendapat makanan dan minuman, juga beberapa souvenir/hadiah (Hmm.. Kayaknya kebiasaan ini mirip kayak di Indonesia ya!? Kalo di gua yang kayak gini tuh namanya Pulang-Sambung).

3.Bertahan Dengan Hiburan yang “Membosankan” Saat Pesta Minum


Saat pesta minum-minum, biasanya orang Jepang suka ngadain game konyol atau nyanyi-nyanyi gak jelas, atau lomba ngabisin bir. Ternyata bagi banyak orang Jepang, kegiatan antik kayak gini tuh cukup kekanak-kanakan, dan mereka lebih milih ngobrol santai sambil minum buat melepaskan penat setelah seharian kerja.

4.Bawa Oleh-Oleh Buat Semua Rekan Kerja Setelah Liburan



Di Jepang, kalo lu ngasih tau semua orang yang ada di kantor lu (mulai dari satpam, OB, sampai tukang ledeng), lu mau liburan selama seminggu atau lebih, maka lu harus menebus “Masa absen” itu sama suvenir paling lezat dan terkenal dari tempat yang lu kunjungin buat di kasiin (Hmm.. Ya gak beda jauh lah sama di Indonesia, tapi kalo di Indonesia gak gini-gini amat).

5.Memberikan Coklat Kepada Rekan Kerja


Saat hari valentine tiba, jepang punya kebiasaan untuk saling memberikan coklat. Ada 2 jenis coklat yang akan diberikan yaitu “Honki”, coklat ini khusus diberikan buat orang yang benar-benar kalian suka atau kalian mempunyai rasa sayang padanya, dan yang kedua coklat “Giri” coklat yang wajib diberikan untuk semua orang terdekat kalian (Contoh: Temen atau Rekan kerja). Inget! SEMUAnya loh. Kalo lu lupa ngasih walaupun ke satu orang, maka lu akan jadi bahan gosip dan siap-siap menanggung malu.

Wokeeeh! Itu dia 5 Kebiasaan Orang Jepang Yang Dibenci Oleh Mereka Sendiri. Semoga lu enjoy n bisa nambah pengetahuan lu tentang Jepang. Sekian dari gua sorry kalo ada salah-salah kata, Bye!
Tags:
No Response

Leave a reply "5 Kebiasaan Orang Jepang Yang Dibenci Oleh Mereka Sendiri"